PDIKM Padang Panjang

PDIKM Disamping sebagai Pusat Dokumentasi Kebudayaan Minangkabau, PDIKM Padang Panjang juga sebuah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika anda sedang berada di Kota Sejuk Padang Panjang, tidak ada salahnya anda menyempatkan diri berkunjung ke tempat rekreasi yang unik ini. Dan anda yang sedang merencanakan kunjungan ke Sumatera Barat tak ada salahnya memasukan PDIKM  dalam agenda perjalanan anda, karena ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan di PDIKM.

Objek wisata yang terletak di Kelurahan Silaing Bawah ini hanya berjarak lebih kurang 2 km dari pusat kota Padang Panjang dan sangat gampang diakses karena berada di sisi jalur utama Padang – Bukitttinggi. Jika dari pusat kota anda dapat memilih angkutan umum jenis angkot Jurusan Silaing dengan tarif hanya Rp 2.000 / orang. Anda bisa turun di Rest Area Padang Panjang untuk selanjutnya jalan kaki melewati Jembatan Gantung ke PDIKM tersebut, atau turun di Depan Gerbang masuk PDIKM dan Mifan ( PDIKM dan MIFAN Waterpark Padang Panjang terletak bersebelahan). Bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi bisa langsung akses kelokasi PDIKM, dan anda tidak perlu khawatir mencari lokasi parkir, karena Komplek PDIKM memiliki pelataran parkir yang cukup luas dan selalu di jaga petugas keamanan.

Begitu memasuki pelataran parkir, anda akan langsung berhadapan dengan bangunan berarsitektur khas Minangkabau yang biasa di sebut Rumah Gadang. Bangunan rumah bagonjong tersebut merupakan titik sentral komplek PDIKM yang juga merupakan tempat penyimpanan berbagai koleksi dan dokumentasi kebudayaan Minangkabau. Anda yang baru pertama kali melihat rumah adat Minangkabau dari dekat pasti terkagum-kagum dengan keindahan citarasa seni arsitektur Minangkabau tersebut. Konon, seperti desain rumah adat lainnya di tanah air, Rumah Gadang juga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan struktur terhadap dampak gempa bumi. Hal ini sudah sering terbukti dimana Rumah Gadang mendapat dampak kerusakan relatif kecil ketika diguncang gempa dibanding bangunan dengan arsitektur modern.

 PDIKM

Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Rumah Adat minangkabau tersebut? Silahkan masuk ke rumah adat yang anggun tersebut. Dengan menaiki beberapa anak tangga, anda akan disambut oleh senyum ramah beberapa petugas PDIKM. Setelah membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 2000/orang,  anda tinggal menentukan sendiri apa yang akan anda lakukan di sana.

Selengkapnya