Persiapan TDS Padang Panjang 90 Persen

Tour de SingkarakPemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat sudah mempersiapkan segala sesuatunya hingga mencapai 90 persen dalam rangka menyukseskan event internasional balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2015.

"Persiapan TdS di Padang Panjang sudah mencapai 90 persen," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Padang Panjang Medi Rosdian di Padang Panjang, Jumat.

Persiapan Padang Panjang yang sudah mencapi 90 persen tersebut kata dia, mulai dari acara penyambutan para pebalap dan official hingga pelepasan di lokasi start.

"Untuk acara penyambutan pebalap dan official kami sudah menyiapkan lokasi di Kompleks Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) dengan penampilan kesenian Minang serta kuliner khas Padang Pajang," katanya.

 

Dari segi penginapan Padang Panjang juga sudah menyiapkan 150 kamar hotel. Tidak itu saja, kesiapan lainnya seperti jalur yang akan dilalui para pebalap juga sudah representatif.

Pemkot Padang Panjang juga berencana akan memperkenalkan para pebalap ke pemandian Lubuk Mata Kucing yang selama ini dikenal oleh masyarakat.

"Untuk anggaran juga sudah dialokasikan sebesar Rp800 juta yang dipergunakan untuk keperluan kegiatan TdS di Padang Panjang," katanya.

Ia juga berharap masyarakat dan seluruh stakeholde bisa menyukseskan event internsional itu Oktober mendatang. "Peranserta masyarakat sangat kami butuhkan dalam ikut menyukseskan TdS tahun ini," ujarnya.

Padang Panjang akan menjadi salah satu tuan rumah lokasi start etape IX yang berlangsung, Minggu 11 Oktober pada event internasional balap sepeda tahun ini dengan lokasi finish Kota Padang yang akan melintasi sejumlah kabupaten di Sumbar dengan jarak tempuh sejauh 110 kilometer.

Menurut dia, TdS itu sangat positif diselenggarakan setiap tahunnya, karena melalui ajang itu banyak manfaat yang diperoleh, di samping akan menggenjot perekonomian masyarakat juga sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata Padang Panjang kepada masyarakat Internasional.

"Karena event ini juga diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik dalam dan luar negeri, kami juga berharap pebalap bisa mempromosikan Padang Panjang di tempat asal mereka masing-masing," katanya.

Sebelumnya 2014, Padang Panjang menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara TdS sebagai lokasi star etape VI yang finishnya di Kota Solok dengan jarak tempuh sejauh 135 kilometer.

Masyarakat Padang Panjang Afizen memberikan apresiasi kepada Pemkot setempat yang sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran dan suksesnya event TdS di daerh itu.

"Kami dari masyarakat juga akan ikut menyukseskan event TdS tahun ini," sebutnya.

sumber: antarasumbar.com